Rabu, 14 September 2016

Komponen komponen pada komputer dan fungsinya

Komponen komputer dan fungsinyaBagikan :Tweet
Komponen-komponen komputer dan fungsinya--Didalam sebuah perangkat komputer terdiri dari beberapa macam komponen penting yangdirakit sedemikian hingga dengan menggunakan standart dan ketentuan tertentu, kemudian di install dengan sebuah operation system (OS) dan beberapa software penunjang, sehingga terbentuklah menjadi sebuah unit komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk menyelesaikan pekerjaan, menyalurkan hobby, atau menghabiskan waktu luang.
Tapi kebanyakan dari kita tidak terpikirkan komponen-komponen apa saja yang ada didalam komputer itu? sehingga bisa menjadi sebuah alat yang super canggih ini. Kita biasanya hanya sekedar tau fungsi dan manfaatnya saja, tanpa mau memikirkan bagaimana sistem dan cara kerjanya, tidak ada salahnya juga jika kita mau tahu, mau belajar, dan mengerti apa sajakomponen-komponen komputeryang biasakita gunakan sehari-hari ini, sekedar untuk menambah wawasan saja. Lebih baik lagi jika anda bisa mengganti danmemperbaiki komponen komputerjika suatu saat komputer kesayangan anda mengalami masalah/ kerusakan. Bagaimanapun juga yang namanya alat/ benda kalau setiap hari dipakai, lama kelamaan pasti akan rusak.Komponen utama pada sebuah sistem komputer itu terdiri dari 3 macam komponen, yaitu:
1. Hardware
2. Software
3. Brainware
Hardwareadalah komponen perangkat keras komputer yang berupa motherboard, Monitor, Keyboard, Hardisk, Processor, dan lain sebagainya. Intinya hardware itu adalah komponen perangkat komputer yang dapatdiraba dan disentuh.Komponen Hardware Komputer
1. Keyboardkeyboard adalah bagian dari komputer yang biasanya paling sering disentuh, khususnya buatorang-orang yang suka menulis seperti saya ini. (Sombong dikit). Ada yang belum tahu keyboard? kalau ada belum tahu biar saya jelaskan dengan penuh kesabaran. :) Keyboard adalah tombol-tombol yang tersusun sedemikian rupa yang membentuk menyerupai mesin ketik, fungsinya untuk menginput atau memasukkan data yang berupa huruf, angka, kode-kode sehingga membentuk sebuah tulisan atauperintah yang natinya akan diterjemahkan oleh komputer tersebut.
2. Mouse
Mouse adalahkomponen komputeryang menyerupai tikus yang berfungsi untuk mengarahkan pointer didalam layar monitor, dan untuk melakukan perintah pointer tersebut dengan cara mengklik mouse pada tombol kiri atau kanan. Mouse biasanya dihubungkan dengan menggunakan kabel ke komputer, tapi untuk sekarang ini sudah banyak sekali komponen komputer seperti mouse dan keyboard yang menggunakan teknologi wareless dan bluetooth, sehingga sudah tidak memerlukan kabel penghubung lagi. Dalam membeli mouse sebaiknya perhatikan harga dansensitifitas dari mouse tersebut, karena ciri-ciri mouse yang baik adalah yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi.
3. USB Flash Disk
Adalahkomponen komputeryang berfungsi untuk menyimpan data dari komputer,sehingga kita bisa membawa data kemana-mana tanpa harusmenggotong-gotong komputer, karena data tersebut bisa ditransfer dan disimpan kedalam usb flashdisk.
4. CD Room/ DVD Room
Merupakan salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk membaca data yang tersimpan didalam VCD/ DVD. Data tersebut bisa berupa software yang akan diinstall di komputer, film, foto, musik, file, dan lain sebagainya. dvd room ini akan cepat rusak bila sering anda gunakan untuk menonton film bajakan.
5. Motherboard atau MainboardAdalah komponen komputer yang berfungsi sebagai badan atau wadah untuk meletakkan komponen-komponen yang lain.Karena didalam motherboard inilah nantinya komponen-komponen komputer lainnya akan diletakkan, misalnya seperti prosessor, RAM, VGA card, Hardisk, Sound card, dan masih banyak lagi.A. ProcessorKomponen ini merupakan otak dari suatu komputer, semakin baik tipe dan jenis prosessor yang digunakan di komputer, maka akan semakin baik pula kinerja dari komputer tersebut.B. RAM (Random Acces Memory)Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum diterjemahkan oleh processor, contohnya adalah ketika anda mengetikkan sebuah perintah kedalam komputer, maka data dari perintah tersebut akan disimpan didalam ram untuk sementara waktu, setelah itu baru akan diterjemahkan oleh processor.
C. HardiskMerupakan sebuah komponen penyimpanan data, Jadi bisa dikatakan Hardisk ini adalah gudangnya data yang ada didalam komputer. Kalau Ram sifatnya menyimpan data untuk sementara, sedangkan Hardisk fungsinya adalah untuk menyimpan data secara permanen, sampai data tersebut dihapus atau terhapus.
D. VGA Card (Video Graphics Array)Komponen ini berfungsi sebagaipengolah data video agar dapatditampilkan didalam monitor, jadi semakin bagus tipe dan jenis dari vga card ini, maka akan semakin bagus pula kualitas video yang ditampilkan.VGA card tersebut terdiri dari 2 macam type, yaitu onboard dan outboard artinya ada vga card yang ditanam didalam motherboard dan ada juga vga card yang dipasang dengan menggunakan slot vga.
E. Sound CardAdalah komponen yang berfungsi untuk mengolah data suara sebelum di outputkan dalam bentuk suara melalui speaker.
F. Power Supplay
Adalah komponen komputer yang bertugas memberikan ataumendistribusikan arus listrik kedalam setiap perangkat komputer. komponen ini juga berfungsi untuk mengatur arus listrik AC menjadi arus DC yang dapat digunakan untuk melayani komputer.
G. Kipas Berfungsi sebagai pendingin atau menjaga suhu pada komponen komputer lainnya seperti processor, Hardisk, Ram, Vga card, dll.
H. MonitorMonitor merupakan salah satu dari komponen output komputer selain speaker, printer, scanner, dan lain sebagainya. Kita dapat melihat hasil kerja dari komponen-komponen komputer melalui monitor, sehingga monitor inilah yang biasa paling dinikmati oleh para pengguna komputer.Komponen Software
Komputer Software adalah komponen perangkat lunak komputer yang biasanya berupa driver, software, dan operation system.
A. Sistem Operasi (OS)Merupakan perangkat lunak komputer yang paling vital yang berfungsi sebagi operator atau sistem untuk mengaktifkan seluruh software komputer agarbisa digunakan dan saling berinteraksi satu sama lain.Sistem operasi yang biasa di install didalam komputer adalah: Windows XP, Windows 7, Windows 8, Linux, dan lain-lain.
B. Software DriverAdalah komponen perangkat lunak yang berfungsi untuk mengaktifkan perangkat keras komputer. Jadi biasanya masing-masing hardware akan dilengkapi engan software pendukung.
C. Software AplikasiAdalah software yang biasa di install dikomputer sebagai penambah fungsi dan kinerja komputer, software aplikasi ini adalah seperti adobe photoshop, dreamweaver, Coreldraw,  CD burn, Microsoft office, dan lain-lain.Komponen Brainware KomputerAdalah orang-orang yang ahli dalam bidang komputer misalnya seperti programmer, Desainer, Analis komputer, Operator komputer, dan masih banyak lagi.
klik disini http://www.bocahsoenyi.com/2015/07/komponen-komputer-dan-fungsinya.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar