Sabtu, 24 September 2016

Mengenal Tipe Data Di Delphi 7

Mengenal Tipe Data Di Delphi 7

Jadi Saya Suka menyemangati diri sendiri \(^o^\) (/^0^)/ semangat semangat *hihihiihi (stress mode on) maklum abis kehujanan nich. Nah Temen Temen semua malam ini saya coba sharing lagi nich pengetahuan tentang delphi untuk sama sama belajar dan mengenal pemrograman delphi dengan lebih baik lagi. Sok Monggo Kita Belajar Bersama Disini, Hari ini saya mau bahas mengenai tipe data di Delphi.
Secara Simplenya sich yang namanya tipe data itu istilah tempat untuk menentukan / memberikan nilai suatu variabel sesuai dengan nilai yang diberikan oleh seorang User. atau istilah lainnya batasan pengenal untuk semua nilai yang diterima oleh program / aplikasi. Contoh Mudahnya begini nich jika kita pengen menambahkan angka atau harga suatu barang dalam aplikasi delphi, jika kita memberikan tipe data string ( kalimat / alphanumerik ) maka hal tersebut akan ditolak karena nilai tidak dapat ditambah karena tidak sesuai dengan tipe data yang harusnya ada.
Berikut Macam Macam Tipe Data Di Delphi :
1. Tipe Data Integer merupakan tipe data bilangan bulat yang hanya mengenal bilangan decimal dan tidak dapat mengenal bilangan pecahan. bentuk umumnya sebagai berikut :
          Var
               Nilai_1:integer;
          begin
               Nilai_1:100000;
2. Tipe Data Real merupakan tipe data bilangan yang mengenal bilangan bulan dan juga bilangan pecahan, jadi kalau urusan pembagian yang jawabannya pecahan kita kalau bisa pake tipe data ini temen temen. Bentuk Umumnya Sebagai Berikut  :
          Var
               Nilai_2: Real;
          Begin
               Nilai_2: 10,5;
3. Tipe Data Char merupaan tipe data yang sama dengan String berupa nilai Anumerik, hanya berbeda dari kapasitas ruang dari datanya kalau Tipe Data Char hanya mengenal 1 Karakter saja
4. Tipe Data String Merupakan Tipe data yang isinya berupa Anumerik yang tidak dapat diberikan operator perhitungan karena bukan bersifat numerik value. Berikut Bentuk Umumnya
          Var
               Nilai_3: String;
         Begin
               Nilai_3: ‘Eko Wardoyo’;
Dalam Delphi Default Tipe data yang tampil di form Adalah Berupa String, Jadi kalau mau membuat fungsi operator atau penambahan,pengurangan,kali,bagi kita harus merubah tipe datanya dulu menjadi Tipe data numerik bisa Real / Integer. Untuk Perintah untuk merubah Tipe data Sebagai Berikut :
strtofloat : untuk merubah tipe data string ke tipe data Real.
strtoint     : untuk merubah tipe data string ke tipe data integer.
floattostr  : untuk merubah tipe data real ke tipe data string.
inttostr     : untuk merubah tipe data integer ke tipe data string.
untuk menampilkan teks dalam edit box, combo_box, ataupun memo borland delphi hanya mau menampilkan tipe data yang string jadi jika kita mau memberikan fungsi penggantian tipe data ke Real / Integer. dan pada saat mau kita tampilkan kembali kita harus merubahnya kembali menjadi string untuk ditampilkan.
berikut Materi Merubah Tipe Data : Buat Tampilan Form Sebagai Berikut
Ubahlah Properties Name nya Sebagai Berikut :
Berikut Alur Logikanya :
– pada Saat Program Berjalan Kita Akan Memasukkan Nilai 1 dan Nilai 2 dengan angka / Numeric untuk melihat hasil penjumlahannya
– Pada Saat Button_tambah diklik maka hasil akan memberikan nilai hasil dari Nilai 1 di tambah Nilai 2.
– Pada Saat Button_Bersih diklik maka akan membersihkan nilai 1 dan nilai 2.
– Pada Saat Button_Keluar di klik maka akan keluar dari program.
——————————————————————————————————————————————————————————
Berikut List Code Programnya :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
procedure Tfrm_materi7.button_tambahClick(Sender: TObject);
begin
 
  a:=strtoint(edit_nilai1.Text);
  b:=strtoint(edit_nilai2.Text);
 
  c:=a+b ;
 
  edit_hasil.Text:=inttostr(c);
 
end;
a,b,c adalah variable penamaan dari nilai yang muncul pada edit box di delphi. karena kita mau membuat penjumlahan maka kita akan mengubah tipe data dari default string menjadi tipe data integer. dengan memberikan penamaan sementara dan kode perubahannya strtoint yakni merubah tipe data string menjadi integer. Pada Saat menampilkan c kita merubah kembali tipe data c yang tadinya integer menjadi string karena Tampilan default pada editbox delphi adalah string.
1
2
3
var
  frm_materi7: Tfrm_materi7;
  a,b,c:integer;
jika kita menggunakan penamaan variable maka jangan lupa untuk menambahkan tipe data dari variable di code list delphi Var seperti diatas. temen temen bisa scroll up unitnya dan cari tulisan seperti diatas var kemudian ditambahkan dengan format variable_1 , Variable2 : tipe data;
1
2
3
4
5
6
7
8
procedure Tfrm_materi7.button_bersihClick(Sender: TObject);
begin
 
  edit_nilai1.text:='';
  edit_nilai2.text:='';
  edit_hasil.Text:='';
 
end;
Pada Saat Button Bersih diklik maka akan menghapus seluruh teks pada edit box.
1
2
3
4
5
6
procedure Tfrm_materi7.button_keluarClick(Sender: TObject);
begin
 
  close;
 
end;
Pada Saat Button Keluar di klik maka akan keluar dari program. Berikut Tampilan Saat Dijalankan :
saat klik tambah muncul hasil nilai1 + nilai2
Saat Bersih Di Klik Seluruh Teks Hilang. klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar